Friend Connect

Jumat, 30 April 2010

Perguruan Tinggi Idaman

Pendidikan merupakan investasi peradaban yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup di masa  depan. Dengan adanya pendidikan menjadikan manusia lebih bijak dalam menentukan berbagai macam pilihan atau keputusan serta menjadikan manusia lebih dewasa, artinya yaitu mampu untuk mempertanggungjawabkan perbuatan dan perilakunya secara mandiri. Oleh karena itu pendidikan akan selalu di butuhkan sepanjang hayat ( life long procces) dari generasi ke generasi.


Masyarakat sebagai objek pendidikan perlu adanaya pendidikan berjenjang, di mulai dari TK, SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi. Setiap jenjang pendidikan dikonsepkan sesuai dengan kondisi para peserta didiknya. Hal ini supaya ilmu yang disampaikan kepada para peserta didiknya dapat diserap dengan baik dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Salahsatu jenjang pendidikan  terakhir yaitu Perguruan Tinggi, yang mana merupakan jenjang pendidikan tertinggi. Perguruan Tinggi dikonsep secara khusus untuk menanamkan nilai keprofesionalitasan para peserta didiknya sesuai dengan bidangnya, sehingga kualitas Perguruan Tinggi yang dipilih untuk menuntut ilmu perlu diperhatikan  secara baik-baik demi keberhasilan belajarnya.


Di Indonesia terdapat banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, baik yang negeri maupun swasta. Banyaknya perguruan tinggi yang ada menjadikan banyaknya pilihan untuk menentukan dimana tempat yang cocok untuk belajar. Akan tetapi setiap orang yang akan melanjutkan belajar di bangku perkuliahan pasti sudah memiliki pilihan untuk memilih Perguruan Tinggi idaman yang akan dimasukinya.


Secara umum perguruan tinggi idaman memiliki kriteria sebagai berikut yaitu mempunyai akreditasi yang baik, system pendidikan yang sesuai dengan keadaan jaman, biaya yang dapat dijangkau bagi peserta didiknya, memiliki keadaan yang kondusif, memiliki fasilitas yang dapat menunjang bidang akademik dan non akademik, serta memiliki out put yang berkualitas. Selain itu setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai perguruan tinggi idaman, hal ini sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan dari orang tersebut. Kriteria perguruan tinggi idaman  menurut beberapa mahasiswa adalah sebagai berikut:


Andi Hakim (Mahasiswa Perikanan UGM 2008) berpendapat bahwa, ”perguruan tinggi yang baik yaitu manakala  mempunyai akreditasi yang jelas, biayanya terjangkau, sudah terbukti mempunyai lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia karir, sistem pendidikan yang sesuai dengan keadaan jaman dan fasilitas yang mendukung untuk kemajuan siswa serta mempunyai pengajar yang kompeten”.


Arif Budi Rahmawan ( Mahasiswa Teknik UNY 2009 ) menyatakan bahwa, “perguruan tinggi idaman yaitu mempunyai visi dan misi yang baik, terletak pada lingkungan yang kondusif untuk belajar, biaya mampu di jangkau oleh masyarakat serta sistem pendidikan yang baik dan yang terpenting yaitu  mempunyai fasilitas yang lengkap untuk mensukseskan bidang akademik serta mendukung pengembangan soft skill dari peserta didiknya”.


Salah satu contoh Perguruan Tinggi favorit di Indonesia saat ini yaitu Universitas Indonesia (UI), yang mana terdapat di dua tempat. Kampus utamanya terdapat dibagian utara dari Depok Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. UI dianggap sebagai lembaga pendidikan terdepan dan Universitas paling bergengsi di Indonesia. Tahun 2009, Universitas Indonesia berada pada peringkat 201 pada Times Higher Education Supplement World University Rankings 2009, dan merupakan peringkat pertama universitas di Indonesia. Peringkat kedua diraih oleh Universitas Gadjah Mada dan peringkat ketiga adalah Institut Teknologi Bandung.


Menurut survey lokal yang terakhir dari Globe Asia (2008) UI mendapat rangking pertama diantara universitas-universitas di Indonesia.[ Indonesian University Rankings, Globe Asia magazine vol. 2 number 4, April 2008.] Laporan ini juga didukung oleh Majalah Tempo, sebuah majalah utama di Indonesia, yang melakukan survey dan analisa tentang ranking universitas dan pendidikan di Indonesia.[ Ranking Perguruan Tinggi Indonesia Naik, Tempo Interaktif, 14 Oktober 2008,  Universitas Indonesia dinilai sebagai Universitas yang paling vibrant di Indonesia. Sejak tahun 2004, survey majalah Tempo melaporkan fakta bahwa lulusan UI adalah diantara sarjana lulusan terbaik di Indonesia menurut beberapa kriteria seperti kualitas lulusan, citra yang baik, kepuasan industri yang menggunakan tenaga kerja, kualitas pengajaran, metodologi pendidikan, kualitas fasilitas kampus yang berbasis lingkungan taman hutan raya yang hijau, serta keketatan persaingan masuk ke perguruan tinggi.


]
Dari berbagai hal di atas dapat di simpulkan bahwa kriteria perguruan tinggi idaman yaitu  mempunyai akreditasi yang baik, mempunyai sistem pendidikan yang diperlukan sesuai keadaan jaman, mempunyai fasilitas yang mendukung baik bidang akademik maupun  non akademik (soft skill ), biaya yang terjangkau, mempunyai lingkungan yang kondusif, serta yang terpenting yaitu mempunyai out put yang berkualitas dan mampu bersaing dalam dunia profesi serta mampu berkontribusi untuk kemajuan bangsa ini.
Catatan : Secara umum  artikel ini untuk pengetahuan para pembaca dan untuk Lomba Blog UII pada khususnya. Mohon maaf bila ada hal yang tidak berkenan dihati pembaca, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya, Terimakasih.


Catatan : Secara umum  artikel ini untuk pengetahuan para pembaca dan untuk Lomba Blog UII pada khususnya. Mohon maaf bila ada hal yang tidak berkenan dihati pembaca, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya, Terimakasih.


Referensi :
http://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2009/results/201-300%7C
 Indonesian University Rankings, Globe Asia magazine vol. 2 number 4, April 2008.
 Ranking Perguruan Tinggi Indonesia Naik, Tempo Interaktif, 14 Oktober 2008, http://www.tempo.co.id
 Indonesian universities climb world's top 400 rankings, Friday, 17 October 2008, http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=219&Itemid=54

2 comments:

Anonim mengatakan...

twrimakasih infonya,,,, semoga bermanfaat...

Songkok Beirut mengatakan...

mantabs brooooooooo

Posting Komentar

Be Differ

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management