Friend Connect

Jumat, 28 Januari 2011

Cara Mengatasi Pedas dan Mengobatinya

Apakah Anda penggemar makanan yang pedas? Anda tentu bertanya-tanya bukan, apa yang membuat cabe itu menjadi pedas dan panas? Hal ini dikarenakan cabe mengandung capsaicin yang memberikan rasa pedas. Walaupun anda penggemar setia makanan pedas, pasti ada saatnya anda terlalu banyak memakan cabe dan merasakan kepedasan yang teramat sangat dan tidak mampu menahannya.





Anda tentu saja langsung mencari segelas air dingin untuk meredakan rasa pedas dan panas di mulut anda, tetapi apakah benar air dapat meredakan rasa pedas?

Meneguk segelas air es terdengar seperti cara terbaik untuk mengurangi rasa pedas dan terbakar yang berasal dari makanan pedas, tetapi cara ini tidak banyak membantu mengurangi rasa pedas. Rasa pedas dan panas pada lada, cabe dan makanan pedas lainnya berbaur dengan minyak yang digunakan untuk memasaknya. Ketika Anda makan makanan pedas, minyak ini melekat pada mulut dan lidah dan minyak tidak larut dalam air, bahkan air dingin, sehingga anda tetap saja merasakan kepedasan.

Meskipun capsaicin tidak cocok dengan air, capsaicin akan larut dalam alkohol. Di sisi lain, bukanlah hal yang baik minum minuman beralkohol hanya untuk mengurangi rasa pedas. Cara yang lebih baik untuk mengurangi rasa pedas pada makanan pedas, yaitu :
* Kunyah sesendok susu bubuk atau yoghurt pelan-pelan hingga terasa manis. Kasein susu akan melarutkan capsaicin, si biang rasa pedas dari mulut, sehingga rasa pedas akan berkurang. Jadi, jangan lagi minum air dingin ketika kepedasan, karena susu lebih efektif dan lebih cepat mengurangi rasa pedas.
* Bisa juga diganti dengan cara mengunyah sekepal kecil nasi atau sepotong roti tawar hingga terasa manis.
* Santap makanan gorengan yang lembab, seperti tempe goreng atau bakwan goreng secara perlahan. Nikmati rasa gurihnya agar minyaknya betul-betul "mencuci" kapsaisin, sehingga rasa pedas sedikit-sedikit menghilang. Jika tak ada, makanan gorengan seperti kerupuk, rempeyek dan rengginang pun bisa membantu.
* Hindari meminum soft drink, apalagi minuman hangat. Langkah tersebut justru akan menambah panas bibir dan memperhebat rasa pedas.
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6828299

0 comments:

Posting Komentar

Be Differ

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management